marquee

WELCOME TO MY BLOG, FRIENDS!

Laman

Minggu, 22 Maret 2015

Sungai



Sungai
Kissimme River, nevada

Salah satu bioma yang paling umum kita jumpai adalah sungai. Bioma ini hampir terdapat di setiap daerah. Baik sungai yang kecil, seperti yang ada di sekitar rumah kalian, atau sungai yang sangat besar di Kalimantan dan Sulawesi.
Selain menjadi sumber ikan air tawar, sungai juga bermanfaat sebagai sumber irigasi, pembangkit listrik dan sarana olah raga yang menarik.

Apakah sungai itu sendiri?

Truckee River, Nevada
Sungai adalah badan air yang memanjang dan memiliki aliran air. Sungai mengalir dari bagian hulu ke bagian hilir. Di bagian hulu, biasanya lebih jernih, dingin, dan ber arus kencang. Sedangkan di bagian hilir, airnya lebih hangat dan keruh.

Daerah hulu umumnya lebih sempit dan dalam, serta memiliki dasar yang berbatu. Sementara daerah hilir umumnya lebar, berkelok-kelok serta memiliki dasar berlumpur. Lumpur ini berasal dari aneka sedimen yang terbawa dari daerah hulu dan menumpuk di daerah hilir.
Penghuni sungai : Ikan Trout sungai

Makhluk yang menghuni sungai sangat beragam. Ikan-kan seperti Microphysogabio longidorsalis, Hemibarbus mylodon, ikan slender Shine dan ikan Bitterling hidup di  tengah aliran sungai, terutama di bagian hulu yang berbatu. Di daerah hilir, ikan-ikannya lebih tenang, misalnya Ikan Minnow.
Selain itu, di daerah hilir yang berlumpur ada juga spesies ikan pari air tawar yang berukuran kecil, ikan lele dan belut.

Di sungai-sungai besar seperti Amazon, hidup ikan-ikan ganas seperti piranha, dan ikan-ikan raksasa seperti Arapaima gigas. Ikan-ikan khusus seperti salmon juga berenang ke sungai secara periodik untuk bertelur.
Penghuni sungai Amazon : Arapaima gigas

Migrasi salmon sockeye ke sungai. Source : kaskus

Di antara batu-batu sungai, bagian air yang tenang dijadikan tempat hidup serangga air seperti water scorpio yang mengambang dengan kaki-kakinya. Juga menjadi tempat capung meletakkan larva/nympha nya. 

Sementara pada batu-batu, terdapat kerang-kerang yang menempel dan siput-siput lunak. Di beberapa sungai yang berarus deras, biasanya dibendung oleh kawanan berang-berang air dan dijadikan tempat tinggal mereka.
berang-berang. Source : saga-islamicnet.blogspot.com
 
Bioma sungai cukup kaya dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Namun laju pencemaran yang memprihatinkan dewasa ini telah mengancam keanekaragaman dari sungai, menurunkan kualitas air dan pembangunan fasilitas seperti bendungan buatan telah menghalau jalur migrasi ikan-ikan salmon.

Pencemaran sungai yang parah. Source : pollutiononmyearth.weebly.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar