marquee

WELCOME TO MY BLOG, FRIENDS!

Laman

Senin, 23 Maret 2015

Lahan Basah/Wetland



Lahan Basah

Lahan basah berawa

Lahan basah dan vegetasinya. Source : wikipedia

Lahan basah atau Wetland adalah habitat yang terendam air, setidaknya selama beberapa waktu selama setahun. Tumbuhan-tumbuhan yang hidup di lahan basah ini telah beradaptasi dengan baik dalam menghadapi lingkungan tergenang selama periodik.

Ada lahan basah yang selalu terendam air, ada pula yang sesekali mengering dan banjir. Biasanya kawasan ini memproduksi zat organik yang sangat banyak (hasil dari dekomposisi tumbuhan-tumbuhan yang membusuk oleh mikroba). Selain itu, airnya hanya mengandung sedikit oksigen.

Lahan basah mempunyai kemampuan tinggi untuk menyaring nutrien terlarut dan polutan kimia.
Ada tiga macam lahan basah, yaitu :

1. Lahan basah cekungan (Basin Wetland) : Cekungan dangkal, mulai dari pelekukan di dataran tinggi sampai danau dan kolam yang terisi air.
2. Lahan basah tepi sungai (Riverine Wetland) : Lahan basah ini timbul di sepanjang tepian sungai.
3. Lahan basah tepian (Fringe Wetland) : Terdapat di sepanjang pesisir danau besar dan lautan, tempat air mengalir maju-mundur akibat kenaikan permukaan air.

Jadi, lahan basah mencakup bioma perairan air tawar dan air laut.

Lahan basah adalah salah satu bioma paling reproduktif di bumi. Tanah  yang jenuh air mendukung pertumbuhan tanaman air seperti pond lily yang mengapung, bambu air, sedge, tamarack dan black spruce. Semuanya telah beradaptasi dengan baik sehingga tetap dapat bertahan hidup meski tanah menjadi anaerobik sewaktu-waktu.
Kecantikan pond lily. Source


Lahan basah yang berbentuk rawa didominasi tumbuhan berkayu, sedangkan lahan basah yang berbentuk gambut didominasi lumut sfagnum.

Binatang yang menghuni lahan basah meliputi invertebrata seperti siput dan serangga, udang-udang dan larva-larva serangga. Tikus kesturi juga menjadi salah satu penghuni lahan basah, dengan mengonsumsi alga, detritus, dan tumbuhan. selain itu, lahan basah juga merupakan rumah bagi amfibi seperti katak dan salamander, dan menjadi sumber makanan bagi burung air pemakan ikan.

Sedangkan binatang besar yang menempati lahan basah adalah lingsang dan buaya rawa. Berbagai macam burung kecil dan burung hantu juga menghuni pohon-pohon di sekitar lahan basah.
Buaya rawa/ALigator. Source hkaex2010-wetland.wikispaces.com

Lingsang. Source phys.org

Kerusakan lahan basah dapat dilihat dari pengeringan yang dilakukan oleh manusia. Lahan basah yang diurug untuk tempat tinggal telah mengurangi habitat bagi serangga air dan tumbuhan-tumbuhan mengapung, padahal lahan basah telah membantu memurnikan air dan mengurangi banjir tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar