marquee

WELCOME TO MY BLOG, FRIENDS!

Laman

Minggu, 22 Maret 2015

Estuari/Muara



Estuari (Muara)

Estuari hanya akan kita temui di bagian pantai atau tepi laut.
Estuari Amazon. sumber : wikipedia

Estuari adalah daerah transisi antara sungai dan lautan. Selama air pasang, air laut mengalir ke wilayah estuari. Dan selama air surut, air laut akan kembali ke wilayah laut. Apabila air laut dan air tawar sungai bersatu, maka akan terbentuk dua lapisan, yaitu lapisan bawah (yang ada di dasar) adalah air asin dan lapisan atas (yang ada di permukaan) adalah air tawar.
Estuari. Source marlimillerphoto.com

Kadar garam di lingkungan estuari ini sangat bervariasi. Ada estuari yang berkadar garam rendah sehingga lebih mirip dengan air tawar, ada juga yang berkadar garam tinggi sehingga lebih mirip air laut.

Aneka nutrien yang terbawa aliran sungai akan menumpuk di daerah estuari, sehingga menjadikan estuari menjadi bioma yang mendukung kehidupan banyak organisme. Selain nutrien, sungai juga membawa lumpur-lumpur dan sedimen, sehingga kadang membentuk jejaring kompleks, “pulau-pulau” mini, parit alami dan daratan lumpur.

Organisme penghuni estuari mulai dari cacing-cacing, kerang, tiram, kepiting, dan ikan kecil. Juga buaya khas yang disebut buaya muara.
Buaya muara. Source : forestcreator.wordpress.com

Selain itu, estuari juga ditumbuhi rumput air dan alga paya-paya. Biasanya burung laut mencari makan di wilayah estuari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar