marquee

WELCOME TO MY BLOG, FRIENDS!

Laman

Senin, 23 Maret 2015

Sabana/Savanna



Sabana
Savana dan penghuninya. Source savannatprimosch.weebly.com

Sabana adalah suatu bentang alam yang ditandai dengan  tanah kering, dan didominasi oleh rerumputan tinggi dan pohon-pohon yang berserak terpencar-pencar. Pepohonan umumnya berdaun kering dan berduri.
Sabana terdapat pada daerah ekuator dan sub-ekuator. Suhunya cenderung hangat, yaitu 24-29 celcius. Namun curah hujan di bioma ini cukup rendah yaitu rata-rata 30-50 cm per tahun (tergantung musim).

Karena kondisinya yang kering, maka bioma ini sangat rawan dengan kebakaran. Rumput-rumput di sini pun telah beradaptasi dengan baik untuk menghadapi kekeringan dan kebakaran yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Mereka sangat cepat tumbuh setelah terbakar dan dimakan herbivor besar, serta tahan terhadap kekeringan.

Hewan-hewan di sabana cukup beraneka ragam. Kebanyakan dari mereka adalah herbivor besar seperti wildebeest/Gnu, bison, zebra, antelop dan jerapah.
Gnu, salah satu herbivor besar Sabana. Source : wikipedia

Herbivor hidup dalam kawanan-kawanan besar. Mereka bersaing mendapatkan rumput dan persediaan air. Apabila persediaan makanan di suatu kawasan menipis, maka mereka akan bermigrasi.
Herbivora bersaing mendapat sumber daya air. Source news.stanford.edu

Selain herbivor, sabana juga dihuni karnivor puncak seperti Singa, dan pemakan-pemakan bangkai seperti dubuk/hyena dan burung nazar. Sedangkan arthropoda yang mendominasi adalah tungau (herbivora), belalang, kumbang kotoran dan lalat yang membantu “membersihkan” bangkai sisa para karnivor.

Kehidupan sosial predator Sabana. Source savannaenvironment.wordpress.com
Hyena pemakan bangkai. Source thewildsource.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar