marquee

WELCOME TO MY BLOG, FRIENDS!

Laman

Senin, 23 Maret 2015

CHAPARRAL



Chaparral
Chaparral yang ada di California. Source news.stanford.edu

Bioma ini mungkin sedikit asing untuk kalian. Chaparral adalah suatu bentang alam yang didominasi oleh semak-semak dan pepohonan kecil. Juga berbagai macam rumput dan herba. Tumbuhan-tumbuhannya telah beradaptasi terhadap kekeringan dan kebakaran.

Beberapa tumbuhan chaparral memiliki akar tahan-api yang dipakai untuk menyimpan cadangan makanan. Selain itu, nutrien yang dibebaskan oleh api selama kebakaran malah akan memicu tumbuhan semak untuk bertunas dan menghasilkan biji yang bergerminasi (siap tumbuh lagi).

Chaparral adalah bioma yang terdapat di wilayah pesisir lintang tengah di beberapa benua. Chaparral memiliki nama/istilah yang berbeda-beda. Misalnya di Spanyol dan Chile disebut Matorral, di Perancis Selatan disebut Maquis dan di Afrika Selatan disebut Fynbos.

Curah hujannya rata-rata 30-50 cm per tahun, tergantung musim. Biasanya musim dingin akan didominasi hujan. Suhunya bisa turun sampai 10-12 celcius. Sementara pada musim panas, bisa naik sampai 30 celcius bahkan 40 celcius.

Hewan penghuninya antara lain kambing dan kijang yang memakan daun-daun, ranting dan kuncup tumbuhan. Selain itu, ada juga mamalia pengerat kecil yang hidup meliang di lantai chaparral, amfibi-amfibi seperti katak pohon, kadal-kadal tanah dan pohon, aneka serangga dan burung kecil. Pemangsa yang ada di chaparral misalnya musang dan ular.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar