marquee

WELCOME TO MY BLOG, FRIENDS!

Laman

Senin, 23 Maret 2015

Tundra/Padang Lumut



Tundra/padang Lumut

Tundra yang ada di Siberia. Source : wikipedia

Tundra bisa ditemukan di wilayah arktik. Luasnya bisa mencapai 20% dari keseluruhan tanah di bumi. Selain di arktik, tundra dapat pula ditemukan di puncak pegunungan tinggi di semua negara (bahkan di negara tropis). Tundra di pegunungan itu disebut tundra alpin. Biasanya terbentuk akibat suhu rendah dan angin kencang.

Vegetasinya seragam, yaitu lumut-lumut, rumput dan forb. Beberapa semak kerdil juga tumbuh, dengan sedikit pohon dan liken-liken (semacam lumut). Namun akar tumbuhan-tumbuhan ini sangat terbatas pertumbuhannya karena bagian dalam tanah tundra diselimuti lapisan beku permanen/permafrost.

Suhu tundra sangat dingin, bisa mencapai -30 celcius bahkan kurang dari itu. Sementara di musim panas, suhu hanya sampai 10 celcius. Musim panas berlangsung sangat pendek, sehingga tumbuhan-tumbuhan telah beradaptasi dengan baik dalam keadaan dingin ini.

Hewan-hewan di tundra antara lain herbivor besar seperti oxen kesturi (sejenis mamalia bertanduk yang hidupnya menetap) dan reindeer (sejenis rusa yang hidupnya berpindah-pindah). Mereka memakan lumut dan liken. Sementara predator-predator yang hidup adalah serigala arktik, rubah dan beruang.
Moose, salah satu herbivore tundra. Source everydaylife.globalpost.com

Contoh Tundra adalah Taman Nasional Denali, Alaska

Tidak ada komentar:

Posting Komentar