marquee

WELCOME TO MY BLOG, FRIENDS!

Laman

Rabu, 26 April 2017

Latihan soal essay olimpiade biologi SMK (OSTN)





  1. 1.   Suatu plasmid mempunyai gen b-galaktosidase (lacZ), gen resistensi tetrasiklin (tetr) dan ampisilin (ampr). Ketiga gen tersebut berturut-turut mengandung sisi pengenalan enzim restriksi BamHI, EcoRI, dan PstI. DNA kromosom dan plasmid dipotong dengan EcoRI dan diligasi. DNA rekombinan hasil ligasi digunakan untuk mentransformasi E. coli yang tidak mempunyai gen lacZ.

a. Sel yang bagaimanakah yang dapat tumbuh dalam medium yang mengandung ampisilin dan tetrasiklin?
b. Sel yang bagaimanakah yang berwarna biru di dalam medium yang mengandung laktosa dan Xgal?

  1. 2.   Di bawah ini adalah tabel kandungan nutrient yang terkandung pada susu dari berbagai mammalia.Jelaskan mengapa terdapat perbedaan yang sangat mencolok pada kandungan lemak di mamalia yang hidup di laut? Dan jelaskan mengapa kandungan air dan gula paling tinggi pada Zebra?


  1. 3.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna? Lebih primitive kelompok serangga yang bermetamorfosis sempurna atau tidak sempurna? Berikan alasan jawaban tersebut!


  1. 4.   Jelaskan konsep utama dari teori sel!


  1. 5.   Mengapa pulau Sulawesi memiliki keanekaragaman hewan endemik yang lebih tinggi dibandingkan pulau-pulau besar lainnya



  1. 6.   Jumlah suara getaran (pulse) per detik pada katak jantan berguna untuk memanggil katak betina pada saat musim kawin. Setiap jenis katak memiliki getaran yang khas. Gambar hasil penelitian di samping adalah pengaruh suhu terhadap jumlah getaran dua jenis katak per detik. Jawablah pertanyaan di bawah ini:

a. Interpretasikan hubungan antara data suara dengan suhu.
b. Bandingkanlah bagaimana suhu mempengaruhi suara pada katak jenis A dan jenis B?
c. Mengapa sangat penting 2 jenis katak tidak memiliki suara yang sama pada suhu yang sama?

  1. 7.   Ketika bakteri Serratia marcescens ditumbuhkan pada suhu 30 °C, koloni yang terbentuk berwarna krem. Bakteri yang sama tumbuh pada 25 °C menghasilkan koloni yang berwarna merah. Bagaimana kita bisa menjelaskan perbedaan warna tersebut?


  1. 8.   Pada suatu DNA manusia, adenin (A) terdapat sekitar 30,9% basa dan guanin (G) terdapat sekitar 19,9%. Jelaskan berapa prosentase basa nitrogen yang lain di dalam DNA tsb!


  1. 9.   Jelaskan secara lengkap jalur pencernaan dari spesies Bos taurus!


  1. 10.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan aposematic coloration!


[Soal diambil dari soal seleksi nasional bidang biologi terapan tahun 2012 dan soal-soal dari sumber yang lain]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar